Artikel Bisnis

Tips Membangun Team Leader Yang Solid

Membangun team leader yang solid adalah salah satu kunci kesuksesan Anda dalam menjalankan bisnis Multi Level Marketing (MLM). Ketika Anda memiliki sebuah team leader yang solid, Anda bisa mendapatkan banyak keuntungan dalam berbisnis.

Dalam berbisnis MLM, team seperti ini terkadang sulit untuk diwujudkan. Apalagi dalam menjalankan bisnis MLM seperti ini terdapat individu individu yang mempunyai sifat yang berbeda-beda.

Kerja sama yang tidak baik dalam berbisnis MLM ini akan cukup mengganggu jalannya bisnis Anda bahkan hal ini dapat membuat usaha yang telah Anda bangun dengan sepenuh hati bisa jalan di tempat atau bahkan gagal total.

Oleh karena itu ketika Anda sedang berada dalam lingkaran bisnis MLM seperti ini, Anda harus benar-benar bisa membangun team leader yang solid agar bisnis Anda bisa berjalan dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa tips membangun team leader yang solid yang telah Tim Yubofast rangkum:

1. Menciptakan Rasa Kepercayaan Dalam Team

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menciptakan rasa kepercayaan dalam team Anda. Rasa percaya satu sama lain dalam sebuah team akan menambah team yang Anda komandoi akan semakin solid.

Terlebih lagi tumbuhkan rasa saling menghormati antar member. Seperti yang kita tahu bahwa setiap member tentu mempunyai kepribadian dan pendapat yang berbeda satu dengan lainnya.

2. Menciptakan Rasa Saling Memiliki

Tips kedua dalam membangun team leader yang solid adalah menciptakan rasa saling memiliki atar member dalam satu team. Keberhasilan kerja suatu team akan adalah hasil dari kerja keras bersama. Oleh karena itu sikap seperti ini akan sangat dibutuhkan dalam suatu team.

Sehingga kerja sama dari leader dan member akan berjalan dengan baik. Dan lagi, seorang leader harus selalu menyertakan semua member teamnya dalam memutuskan suatu keputusan.

3. Sebagai Seorang Leader, Anda Harus Bisa Memberi Contoh

Keberhasilan suatu team seringkali juga dipengaruhi oleh pengalaman yang dimiliki oleh leader team tersebut. Seorang leader tentu lebih lama menjadi member dalam bisnis MLM. Jadi bisa jadi leader tersebut pernah menjadi member dari team sebelumnya. Kendala-kendala yang dulu pernah dialami oleh leader bisa dijadikan pelajaran untuk team yang sekarang.

Beri contoh juga dalam bersikap agar member lainnya bisa mendapatkan motivasi tersendiri untuk menjalankan bisnis MLM dalam team Anda.

4. Berusahalah Untuk Dekat Dengan Member

Dalam suatu hubungan team, komunikasi antar member akan berpengaruh dalam kinerja team. Jangan sampai ada jarak yang terlihat jelas antar member, atau bahkan jarak antara leader dengan downline.

Fasilitasi team Anda sebuah forum terbuka untuk mengatasi kendala yang dihadapi setiap individu dalam team. Hal ini berguna untuk mencari solusi yang baik bersama-sama terhadap kendala yang mungkin saja dihadapi oleh salah satu member team Anda.

5. Evaluasi Performa Team

Dalam sebuah team, kemampuan setiap individu akan berbeda satu dengan lainnya. Hal ini akan berpengaruh dalam keberhasilan team yang Anda kendalikan. Ketika rasa saling memiliki sudah ada dalam team, kendala salah satu member akan menjadi kendala bersama.

 

Semoga saja tips tersebut diatas bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.