Artikel Kesehatan

11 Manfaat Bengkoang untuk Kesehatan Tubuh

Bengkoang merupakan salah satu jenis umbi yang sangat terkenal di Indonesia. Dengan kandungan air yang sangat besar yakni berada dalam kisaran 80% ke atas membuatnya sangat sering dikonsumsi untuk memneuhi kebutuhan cairan di dalam tubuh manusia. Tanaman dengan nama ilmiah Pachyrhizus erosus ini tidaklah hanya mengandung air, namun juga berbagai macam kandungan senyawa zat seperti berikut:

  1. Serat, untuk melancarkan sistem pencernaan menjadi lebih optimal.
  2. Protein, berfungsi dalam proses metabolisme dan regenerasi sel.
  3. Lemak, sebagai cadangan energi.
  4. Karbohidrat, sebagai sumber energi utama.
  5. Vitamin C, untuk sumber antioksidan, mencegah sariawan dan menjaga kesehatan kulit.
  6. Zat besi, untuk membantu pengangkutan oksigen di dalam darah.
  7. Kalsium, untuk menguatkan tulang dan gigi serta mencegah penyakit yang terkait.
  8. Fosfor, ntuk mendukung kesehatan tulang, gigi, otak, dan metabolisme sel.
  9. Flavonoid, yang mengandung manfaat antioksidan.
  10. Saponin, berperan sebagai anti-mikroba.

Dengan kandungan yang sangat luar biasa tersebut, ada sangat banyak khasiat yang dapat diperoleh apabila Anda mengkonsumsi air bengkoang. Nah, mari kita lihat bersama apa saja manfaat air bengkoang dalam ulasan berikut ini.

1. Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang sangat melimpah pada air bengkoang sangatlah membantu Anda untuk mencegah dehidrasi. Untuk itu, bengkoang dapat menjadi salah satu pilihan untuk menjaga cairan tubuh khususnya ketika Anda sedang menjalani puasa. Dengan bengkoang, Anda bisa dibantu untuk tidak akan mudah haus namun tetap bergantung kepada aktivitas yang Anda miliki.

2. Baik untuk Menu Diet

Karena bengkoang memiliki berbagai kandungan zat yang sangat luar biasa, bengkoang baik dikonsumsi sebagai salah satu menu diet Anda. Bengkoang tetap mengandung karbohidrat sebagai sumber energi utama, dan memang juga mengandung lemak namun kadarnya dapat dikatakan sangat rendah. Untuk itu, hal ini baik karena vitamin dan mineral yang terkandung dapat menopang kesehatan dan kekuatan Anda ketika menjalani diet.

3. Membantu Mengobati Maag

Ada kandungan alkali pada bengkoang yang dapat menghambat produksi asam lambung, sehingga hal ini baik untuk membantu penderita maag agar tidak terlalu sakit kembali. Namun, Anda juga harus mengkonsumsinya dengan kadar yang tidak berlebihan karena justru dapat memicu iritasi lambung dan hal ini berbahaya bagi Anda.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Karena bengkoang kaya akan manfaat serat, maka bengkoang dapat melancarkan sistem pencernaan dengan cara memaksimalkan kinerja organ dalam mencerna dan menyerap sari-sari makanan dengan lebih baik. Dengan begitu, pencernaan lebih sehat dan pembuangan feses juga akan lebih mudah dan teratur.

5. Membantu Pembentukan Enzim di Dalam Tubuh

Kandungan zat besi yang ada pada bengkoang tidak hanya digunakan untuk pengangkutan oksigen, namun juga untuk mengaktfikan beberapa jenis enzim yang diperlukan oleh tubuh. Hal ini dapat membantu proses metabolisme yang jauh lebih baik karena enzim bersifat sebagai katalisator atau disebut juga pemercepat proses.

6. Membantu Mengobati dan Mencegah Sariawan

Kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada bengkoang akan sangat membantu Anda dalam mencegah maupun mengobati sariawan. Manfaat vitamin C memang sangat bagus dalam menangkal penyakit tersebut dan akan membantu Anda terhindar dari sariawan lagi di masa mendatang.

7. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Adanya gabungan manfaat kalsium dan manfaat fosfor pada bengkoang tentu sangat luar biasa bagi kesehatan tulang dan gigi. Manfaatnya dapat membantu Anda untuk menguatkan tulang gigi agar tidak mudah berlubang, selain itu juga dapat mencegah osteoporosis maupun kelainan tulang lainnya yang biasanya mulai dirasakan oleh para lansia sehingga disarankan untuk mengkonsumsi ini.

 

8. Membuat Kulit Tampak Sehat

Kandungan vitamin C rupanya tidak hanya berguna untuk mencegah sariawan, namun juga untuk membuat kulit Anda tampak lebih cerah dan sehat. Vitamin C yang mengandung antioksidan juga membantu kulit untuk tahan terhadap radikal bebas maupun zat berbahaya lain dari luar yang dapat merusak kulit. Dengan bengkoang, kulit dapat terjaga kelembabannya sehingga respirasi dan regenerasi sel kulit mati dapat berlangsung cepat. Hal ini tidak terlepas juga dari kandungan air yang sangat melimpah, oleh karena itu bengkoang baik untuk mencegah penuaan dini.

9. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Karena bengkoang memiliki zat besi yang membantu pengangkutan oksigen, hal ini juga berpengaruh pada kinerja jantung secara keseluruhan. Darah akan menjadi lebih bersih dan terhindar dari penumpukan lemak atau kolesterol yang dapat membuat jantung bekerja lebih keras. Dengan bantuan bengkoang, jantung dapat menjadi lebih sehat.

10. Aman Dikonsumsi bagi Penderita Diabetes Mellitus

Bengkoang memiliki kadar karbohidrat yang tidak begitu tinggi sehingga selain untuk diet, bengkoang juga relatif aman untuk penderita diabetes mellitus karena tidak begitu banyak mengandung glukosa.

11. Mencegah Terjadinya Batu Ginjal

Dengan adanya serat dan fosfor, bengkoang akan membantu untuk mencegah terjadinya endapan garam di daerah sistem ekskresi. Keduanya dapat melancarkan sistem pembuangan urin guna mencegah terjadinya kristalisasi garam agar tidak membentuk batu ginjal.

 

Ayo rawat kulitmu dengan cara asyik semprot-semprot dengan Gurin Beauty Water, karena dalam  Gurin Beauty Water terdapat kandungan ekstrak bengkoang dan bahan lainnya yang juga sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : https://manfaat.co.id/manfaat-air-bengkoang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.