Artikel Kesehatan

15 Manfaat dan Khasiat Angkak untuk Kesehatan

Angkak adalah sebutan untuk jenis beras merah yang berasal dari negara Cina. Kemungkinan besar biji merah yang satu ini diolah dengan cara fermentasi sehingga warnanya menjadi merah. Indonesia sendiri belum terlalu mengenal angkak, namun sejak dulu masyarakat Cina sudah menggunakan biji unik ini sebagai bahan pengobatan alami. Khasiatnya mampu mengatasi berbagai jenis penyakit yang menyerang tubuh Anda.

Angkak juga sering digunakan sebagai pewarna makanan yang alami. Warna merahnya merupakan jenis warna yang tidak mengandung senyawa berbahaya bagi masakan Anda. Anda bisa merendam biji ini kemudian menggunakan air rendamannya sebagai tambahan pewarna pada makanan. Penggunaan angkak untuk obat tidak hanya berguna untuk membuat tubuh Anda lebih sehat, namun juga menyingkirkan berbagai jenis gejala penyakit di tubuh Anda.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat angkak, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan biji ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Menyehatkan limpa

Manfaat angkak yang pertama yaitu sebagai biji yang menyehatkan untuk organ limpa. Biji ini mengandung banyak kandungan alami untuk kesehatan limpa Anda sehingga organ tubuh yang satu ini tidak mudah terserang gangguan dari penyakit.

2. Mengatasi demam berdarah

Khasiat angkak ternyata juga bisa mengatasi penyakit demam berdarah. Penyakit akibat gigitan nyamuk ini dapat dicegah gejalanya jika Anda mengonsumsi biji ini dengan rutin. Tubuh Anda pun akan menjadi lebih kebal dari serangan demam berdarah.

3. Mencegah hipertensi

Manfaat angkak bagus digunakan sebagai makanan yang mencegah hipertensi. Biji ini berguna untuk menurunkan tekanan darah di tubuh Anda ketika terjadi kenaikan, sehingga tidak membuat hipertensi muncul dan mengganggu kesehatan.

4. Anti stroke alami

Khasiat angkak juga termasuk dalam makanan anti stroke alami. Biji sehat ini mampu mencegah gejala stroke yang sering terjadi ketika tubuh Anda tidak sehat, terutama bagian persendian dan tulang yang sering terasa nyeri.

5. Menyehatkan jantung

Manfaat angkak sangat bagus untuk kesehatan jantung. Kandungan nutrisi yang lengkap di dalam biji ini cocok untuk membuat jantung Anda sehat dan kebal dari serangan penyakit yang berbahaya seperti penyakit jantung.

6. Mencegah diabetes

Kegunaan angkak juga bisa diperoleh dalam rangka mencegah penyakit gula. Penyakit ini sering disebut dengan diabetes muncul karena kadar gula dalam darah yang merangkak naik. Biji ibi berguna untuk menurunkannya.

7. Menenangkan mood

Mood yang tenang akan membuat Anda lebih rileks tanpa banyak pikiran. Jika Anda sering mengalami mood yang tidak stabil, cobalah untuk mengonsumsi angkak sari sekarang. Biji ini bermanfaat untuk membuat mood Anda membaik.

8. Mengatasi pusing dan sakit kepala

Rasa pusing dan sakit kepala yang berkepanjangan merupakan tanda dari gangguan kesehatan di tubuh Anda. Mulailah untuk mengonsumsi angkak dengan teratur mulai dari sekarang. Biji sehat ini dapat mengatasi sakit kepala dan gejals pusing di tubuh Anda.

9. Menurunkan kadar kolesterol

Kolesterol yang berlebihan tidak akan membuat tubuh Anda sehat. Keadaan ini justru akan membuat Anda mengalami banyak penyakit. Turunkanlah kolesterol sejak dini dengan rutin memakan angkak dan jagalah pola makan Anda dengan lebih baik tanpa terkecuali.

10. Mengatasi gangguan pencernaan

Sistem pencernaan Anda akan menjadi lebih baik dengan menggunakan angkak. Konsumsi biji ini denga teratur akan membantu tubuh Anda agar mencerna makanan yang masuk dengan lebih baik tanpa menghambat proses pencernaan.

Selain 10 manfaat dan khasiat angkak untuk kesehatan, ada lagi 5 manfaat lainnya dari biji ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:

5 Manfaat dan Khasiat Angkak Lainnya:

  1. Menjaga daya tahan tubuh
  2. Obat disentri
  3. Mengatasi kesulitan BAB
  4. Menyembuhkan mulas pada perut
  5. Melancarkan buang air kecil

 

 

Yuk konsumsi Gurin Green coffee, karena Gurin Green coffee dibuat dengan bahan biji angkak yang dikolaborasikan dengan bahan lain yang juga sangat kaya manfaat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : https://www.khasiat.co.id/biji/angkak.html

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.