Artikel Kesehatan

5 Peran Utama Serat Inulin dalam Membantu Pengobatan Diabetes

Inulin merupakan salah satu jenis serat dan sumber karbohidrat yang berasal dari tumbuhan. Inulin bersifat prebiotik yang artinya dapat memberikan bakteri baik untuk proses pencernaan di usus.

Inulin yang memiliki tekstur halus dan tidak terasa ketika di mulut ini sering dimanfaatkan untuk tambahan nutrisi berbagai produk olahan susu seperti permen, yogurt, keju, dan es krim. Tapi tahukah Anda bahwa serat inulin juga bermanfaat membantu pengobatan diabetes?

Serat inulin yang sering digunakan untuk pengganti gula, lemak, dan tepung ini baik dalam membantu pengobatan diabetes sebagai alternatif sumber energi. Serat inulin yang mudah larut ini menghasilkan energi lebih banyak daripada glukosa. Sebuah penelitian mempelajari 49 wanita yang rutin mengonsumsi serat inulin 10 gram tiap harinya selama dua bulan memiliki kadar gula yang cenderung normal.

Ingin tahu apa saja peran utama serat inulin dalam membantu pengobatan diabetes? Berikut penjabaran manfaat serat inulin lainnya:

Mencegah Sembelit

orang tua yang memiliki riwayat sembelit diperintahkan untuk mengonsumsi 15 gram inulin tiap harinya selama satu bulan. Hasilnya mereka cenderung mengalami penurunan terkena sembelit. Metabolisme karbohidrat yang baik sangat penting bagi penderita diabetes. Hal ini terkait dengan keberadaan hormon insulin yang berfungsi menjaga kadar gula atau glukosa dalam darah.

Meningkatkan Produksi Bakteri Baik di Usus Besar

Akibat bertambahnya jumlah bakteri baik di usus besar, jumlah penyerapan kalsium dan mineral lainnya semakin meningkat. Selain itu, sistem kekebalan tubuh juga semakin baik dan terhindar dari penyakit usus lainnya. Fermentasi inulin dalam usus besar dapat menghambat hidroksil metal glutaril-koA (HMG-CoA) yang merupakan enzim penghambat perkembangan kolesterol. Kolesterol yang rendah dapat menurunkan pula risiko diabetes.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Zat inulin dapat mengurangi kadar kolesterol dari makanan yang kita konsumsi seperti es krim, roti, atau gula, sehingga dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit komplikasi. Makanan berkolesterol tinggi biasanya mengandung gula dan lemak yang tinggi yang dapat memicu kenaikan berat badan yang berakibat meningkatknya resistensi insulin sehingga resiko terkena diabetes semakin besar. Maka dari itu disarankan kepada pasien diabetes untuk mengonsumsi oat meals atau roti berbahan dasar biji gandum tiap harinya.

Terhindar Dari Obesitas

Serat inulin terbukti dapat menghilangkan rasa lapar lebih lama. Hal ini disebabkan karena inulin membuat proses penyerapan karbohidrat lebih lambat.

Menjaga Gula Darah Tetap Stabil

Inulin dapat membantu mengontrol kadar gula pada pasien diabetes tipe dua yang sering kali kadar gulanya menjadi naik setelah makan. Penurunan glukosa plasma yang dilakukan inulin membuat kadar gula menjadi lebih baik dan membantu pengobatan diabetes.

Serat inulin dapat ditemukan di berbagai aneka buah dan sayuran, seperti bawang merah, bawang putih, pisang, gandum, dan oat meals. Alternatif lainnya, Anda dapat mengonsumsi asupan nutrisi dengan kandungan serat inulin, seperti susu Diabetasol. (HF)

produk Gurin Choco Hazelnut salah satu komposisinya terdapat inulin,yuk coba Gurin Choco Hazelnut dan rasakan sendiri manfaatnya

sumber : https://www.kalbestore.com/articles/5-peran-utama-serat-inulin-dalam-membantu-pengobatan-diabetes/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.