Artikel KesehatanTips

7 langkah Sehat dan efektif diet saat bulan Puasa

Berikut ini tips-tipsnya yang telah kami rangkum :

1. Hindri Makanan Berlemak

Makanan berlemak sudah lama diketahui dapat meningkatkan berat badan, kolesterol dan risiko penyakit kronis lainnya. Pastikan sahur dengan menu yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, atau gorengan yang mengandung tinggi lemak. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan

2. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Ingin menurunkan berat badan bukan berarti harus melewatkan makan sahur, karena agar menjaga stamina selama 12 jam berpuasa dan tubuh tetap berenergi. Melewatkan makan sahur justru bisa memperlambat metabolisme dan menurunkan pembakaran lemak tubuh.

3. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Pastikan saat puasa tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsilah banyak air putih dan jus buah.Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme tubuh juga lebih baik sehingga membantu dengan penurunan berat badan.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat & Protein

Konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein, terutama saat berbuka puasa. Protein, lemak sehat, dan serat dapat membantu proses metabolisme tubuh sepanjang malam untuk membakar kalori. Saat sahur pun sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein yang membuat rasa kenyang tahan lama.

5. Lakukan Aktivitas Fisik

Puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan meski tubuh kadang terasa lemas. Lakukan aktivitas fisik mulai dari yang ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, sit up, dan squat. Kombinasi asupan makan sehat dan aktivitas fisik bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

6. Kurangi Makanan Manis

Melihat makanan manis atau tinggi gula memang menggiurkan. Namun ingat, jika ingin menurunkan berat badan, hindari makanan tinggi gula.Jika Anda ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi buah-buahan atau jus yang memberikan rasa manis alami.

7. Jangan Makan Berlebihan

Hidangan berbuka puasa hingga Lebaran tiba biasanya penuh dengan makanan lezat. Kendalikan nafsu makan Anda. Jangan makan berlebihan dan ingat kembali niat untuk menurunkan berat badan yang menyehatkan.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.