YUBOFAST
Artikel Kesehatan

8 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kulit Wajah dan Kesehatan

Kalau kamu makan jeruk, kamu apakan sih kulitnya? Pada umumnya orang biasanya akan langsung membuang begitu saja si kulit jeruk tersebut. Tanpa kamu sadari kalau vitamin dari kulit jeruk tersebut akan terbuang percuma, lho. Daging buah jeruk kaya akan vitamin C termasuk kulit jeruknya, tapi kandungan fitonutrien dan flavonoidnya tidak sebanyak pada kulit jeruk.

Kamu juga bisa memperoleh kadar tinggi antioksidan dari jeruk dengan menambahkan kulit jeruk ke dalam bumbu masakan. Dan saat mengupas jeruk, usahakan tidak membersihkan serabut-serabut putih yang menyelimuti buah jeruk, dan menyisakan daging putih bagian dalam kulit jeruk. Senyawa naringenin didalam flavonoid didalam buah jeruk, dapat memperbaiki kerusakan DNA yang dapat berkembang menjadi kanker.

1. Mengatasi Masalah Pada Kulit

manfaat kulit jeruk untuk kulit wajah dan tubuh

Kulit jeruk dijemur dulu sampai kering kemudian tumbuk atau blender hingga menjadi bubuk, supaya dapat kamu gunakan untuk masker, scrub dan toner. Bubuk kulit jeruk ini bisa menjadi exfoliator yang dapat menghilangkan sel-sel kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada kulit wajah, menghilangkan noda hitam pada kulit wajah, mencerahkan kembali kulit yang kusam, serta dapat membuat kulit menjadi lebih lembut.

Manfaat kulit jeruk untuk kulit wajah dan tubuh yang selanjutnya juga bisa digunakan sebagai toner. Untuk kamu gunakan sebagai toner, kamu bisa memasukkan kulit jeruk kedalam panci berisi air, masak dalam api kecil sampai mendidih. Lalu diamkan semalaman, setelah itu saring airnya dan disimpan di lemari es, kemudian bisa kamu gunakan sebagai toner.

Sedangkan, untuk masker wajah dan tubuh kamu bisa mencampurkan 1 sendok makan bubuk kulit jeruk, 1 sendok makan oatmeal, dan madu secukupnya. Aduk semua bahan hingga rata sampai mendapatkan tekstur yang tepat. Lalu oleskan pada wajah atau tubuh dan diamkan selama 30 menit, lalu bilas dengan air hangat kemudian basuh kembali dengan air dingin supaya kulit wajah.

Penggunaan rutin akan meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit kamu tampak lebih bersinar.

2. Memutihkan Gigi

Memutihkan Gigi

Kamu suka minum kopi atau teh? Biasanya gigi akan menguning karena penumpukan warna dari kopi dan teh. Sudah banyak produk yang katanya bisa membuat gigi putih. Mungkin untuk sebagian orang bisa berhasil, asalkan teratur menggunakannya dan menjaga gigi untuk tidak kembali bernoda kuning.

Tapi tidak ada salahnya kalau kamu mau mencoba menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi warna kuning pada gigi. Kulit jeruk mengandung senyawa yang disebut d-limonene, yang dapat membantu mengurangi warna kuning pada gigi yang disebabkan oleh berbagai hal.

Caranya mudah, kami cukup menggosok bagian dalam kulit jeruk pada gigi kamu selama 2-3 menit, lalu bilas. Lakukan hal ini dengan rutin dua kali sehari, maka gigi kamu akan kembali memutih.

3. Mengurangi Berat Badan

Mengurangi Berat Badan

Untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan, gantilah kopi atau teh yang kamu konsumsi dengan teh kulit jeruk. Kulit jeruk telah dipercaya banyak pakar kesehatan karena kemampuannya yang dapat secara efektif meningkatkan metabolisme dalam tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan.

Caranya mudah, keringkan kulit jeruk, pilihlah jeruk yang organik ya. Kemudian masukan beberapa lembar kulit jeruk kering dalam 1 cangkir air panas, lalu tutup gelas dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu, keluarkan kulit jeruk dari dalam cangkir lalu tambah beberapa sendok makan madu. Minumlah teh kulit jeruk ini 2 cangkir per hari secara rutin.

4. Menurunkan Kolesterol

Menurunkan Kolesterol

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan resiko penyakit jantung. Selain menjaga asupan makanan yang sehat, kamu juga bisa mengkonsumsi kulit jeruk. Karena kandungan penting di dalam kulit jeruk dapat membantu mengurangi kolesterol, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Kulit jeruk juga memiliki flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina,  yang efektif untuk melawan kanker usus besar dan osteoporosis.

Caranya mudah, kamu bisa menggunakan kulit jeruk yang sudah dikeringkan atau bubuk kulit jeruk yang diseduhkan kedalam cangkir berisi air panas. Kamu bisa menambahkan madu jika suka. Minumlah teh kulit jeruk ini secara rutin sebanyak 2 kali sehari.

5. Mengatasi Insomnia

Mengatasi Insomnia

Insomnia bisa terjadi pada siapa saja, untuk mengatasinya usahakan untuk tidak mengkonsumsi obat-obatan yang dapat menghilangkan insomnia supaya tidak menjadi ketergantungan yang bisa berbahaya bagi kesehatan nantinya.

Kamu bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi insomnia ini. Minyak esensial dari kulit jeruk adalah obat penenang alami sehingga dapat digunakan untuk menenangkan saraf dan membantu proses tidur.

Gunakanlah kulit jeruk yang dimasukkan ke dalam bak mandi berisi air hangat pada saat mandi sore atau sebelum tidur malam. Atau kamu bisa merebusnya di dalam panci bersama beberapa butir kayu manis dan kapulaga, aroma yang keluar dari rebusan bahan-bahan tadi.

Lalu, pindahkan pada baskom kecil dan simpan di samping tempat tidur kamu. Aroma yang keluar dari air rebusan tadi bisa membuat kamar kamu wangi dan aroma yang tercium dapat  menenangkan suasana hati kamu dan mengusir insomnia.

6. Mengatasi Masalah Pernapasan

Mengatasi Masalah Pernapasan

Selain manfaat bagi sistem pencernaan, kulit jeruk yang dijadikan bubuk juga bermanfaat untuk membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, serta asma. Kulit jeruk merupakan sumber terbaik yang mengandung vitamin C dan A.

Kedua vitamin tersebut merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan dan mencegah terjadinya flu, demam, dan berbagai infeksi dalam tubuh. Bubuk kulit jeruk bila dijadikan teh dan diminum dengan rutin bisa membantu memperbaiki sistem pernapasan, meringankan batuk, asma, dan bronkitis.

7. Mengatasi Masalah Pencernaan

Mengatasi Masalah Pencernaan

Kulit jeruk memiliki sifat penyembuhan alami, sehingga bahan-bahan yang diekstrak dari kulit jeruk bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai gangguan fungsi pencernaan. Kulit jeruk mengandung serat makanan yang tinggi, sekitar 100 gram kulit jeruk mengandung setidaknya 10,6 gram serat yang bermanfaat untuk mencegah sindrom iritasi usus, termasuk sembelit dan kembung.

Manfaat teh yang dikombinasikan dengan ekstrak kulit jeruk akan menenangkan sistem pencernaan anda. Kulit jeruk juga mampu menghilangkan gas, mulas, muntah dan mengontrol kadar asam, serta meningkatkan nafsu makan dan menghilangkan mual. Semua manfaat ini berasal dari kandungan minyak esensial di dalamnya, yang memiliki sifat anti-mikroba dan anti-inflamasi.

Minyak esensial d-limonene yang dikandungnya memiliki kemampuan untuk meredakan asam lambung dan menjaga gerakan usus tetap normal, serta meningkatkan fungsi hati. Campurkan kulit jeruk dan sedikit garam dalam air lalu rebus selama 20 menit, minum ramuan ini dalam keadaan hangat saat kamu merasa mual karena asam lambung atau tidak nafsu makan.

8. Mengatasi Masalah Rambut

Kamu bisa menggunakan rebusan kulit jeruk atau bubuk kulit jeruk yang ditambahkan dengan sedikit madu lalu diseduh air hangat sebagai kondisioner alami. Oleskan pada rambut, pijat perlahan dan diamkan sejenak. Setelah itu, bilas rambut dengan air dingin. Perawatan ini dapat membuat rambut terasa lebih halus dan mengkilap.

Mari jaga kesehatan dan kecantikan tubuh kita dengan cara asyik dengan minum Gurin Green Coffee, karena dalam Gurin Green Coffee terdapat kandungan kulit jeruk dan bahan lainnya yang juga sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.
sumber : https://bacaterus.com/manfaat-kulit-jeruk-untuk-kulit-wajah-dan-tubuh/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: