Artikel Kesehatan

Fungsi Vitamin C untuk Kecantikan Kulit

Mempunyai kulit yang cerah dan sehat merupakan dambaan semua orang, terutama bagi kaum wanita. Sudah banyak produk kecantikan yang dijual bebas untuk membantu meningkatkan kesehatan kulit. Salah satu bahan yang terkandung dalam produk kecantikan kulit tersebut adalah vitamin C.

Tidak hanya dari produk kecantikan, vitamin C alami yang bisa kita dapatkan dari berbagai jenis makanan juga sudah lama dipercaya bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sebenarnya, apa saja fungsi dari vitamin C untuk kulit?

Mengapa vitamin C penting untuk kulit?

Vitamin C mempunyai sifat antioksidan dan sangat berperan dalam pembentukan kolagen, sehingga kehadiran vitamin C tidak dapat dipisahkan dari kulit yang sehat. Vitamin C banyak ditemukan sebagai penyusun lapisan dermis dan epidermis dalam kulit normal. Namun, karena proses penuaan, kandungan vitamin C dalam lapisan dermis dan epidermis dapat menurun. Oleh karena itu, banyak produk perawatan kulit antiaging yang menambahkan kandungan vitamin C untuk memperlambat proses penuaan kulit. Selain karena penuaan, kandungan vitamin C dalam kulit juga bisa menurun karena paparan sinar ultraviolet dan polutan terhadap kulit.

Salah satu cara mendapatkan vitamin C alami untuk kulit adalah dari makanan. Makanan yang mengandung vitamin C adalah buah sitrus (seperti jeruk), strawberi, brokoli, dan bayam. Anda juga bisa mendapatkannya dari konsumsi suplemen vitamin C. Vitamin C yang didapatkan dari makanan ini kemudian akan dialirkan oleh darah menuju kulit. Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dapat membantu meningkatkan kinerja tabir surya yang diaplikasikan pada kulit Anda, sehingga kulit Anda terlindungi dari bahaya sinar ultraviolet dan mencegah kerusakan sel kulit.

Apa saja fungsi vitamin C untuk kulit?

Berikut ini merupakan beberapa fungsi vitamin C untuk kulit Anda :

1. Fotoproteksi

Vitamin C dapat melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari matahari. Hal ini bisa terjadi karena kandungan antioksidan dalam vitamin C bisa melawan radikal bebas yang menjadi penyebab kerusakan kulit. Radikal bebas terbentuk ketika oksigen berinteraksi dengan beberapa molekul. Kemudian masuk ke tubuh dan bereaksi dengan DNA atau membran sel, mengakibatkan kerusakan sel.

Sinar ultraviolet dapat menurunkan kadar vitamin C dalam kulit. Seberapa banyak yang hilang tergantung dari intensitas dan durasi paparan sinar ultraviolet terhadap kulit. Oleh karena itu, selain perlindungan dari luar dengan memakai berbagai produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C, perlindungan dari dalam yang didapatkan dari makanan yang mengandung vitamin C juga sangat diperlukan untuk melindungi kulit Anda dari kerusakan.

2. Mencegah keriput

Vitamin C merupakan senyawa yang diperlukan untuk membentuk kolagen, yang diperlukan untuk mencegah keriput. Vitamin C telah terbukti dapat menstabilkan mRNA kolagen, sehingga dapat meningkatkan sintesis kolagen untuk memperbaiki kerusakan kulit.

Penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi makanan yang mengandung vitamin C berhubungan dengan penurunan keriput pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih baik. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa penggunaan produk perawatan kulit yang mengandung vitamin C selama 12 minggu dapat mengurangi keriput pada kulit, menurunkan kerusakan serat protein, mengurangi kekasaran kulit, dan meningkatkan produksi kolagen.

3. Mempercepat penyembuhan luka

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa vitamin C dapat mempercepat penyembuhan luka. Namun, dalam dunia kedokteran, vitamin C sudah biasa digunakan dalam terapi oral pada orang yang mengalami luka tekan, yang terjadi karena terlalu lama dalam posisi tidur, dan pada orang yang mengalami luka bakar.

Vitamin C dapat meningkatkan sintesis kolagen dan mengurangi respon inflamasi di daerah luka. Selain itu, sifat antioksidan pada vitamin C juga membantu mengurangi kerusakan pada daerah luka yang disebabkan oleh radikal bebas. Oleh karena itu, vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka pada individu yang sehat.

Tubuh menggunakan vitamin C untuk menggantikan jaringan kulit yang rusak dengan jaringan parut, sehingga tubuh lebih cepat untuk menyembuhkan luka. Pada orang dengan kadar vitamin C yang rendah dalam tubuh, luka mungkin akan lebih lama untuk sembuh.

4. Mencegah kulit kering

Penelitian menunjukkan bahwa asupan tinggi vitamin C berhubungan dengan penurunan risiko kulit kering. Vitamin C dan nutrisi untuk kulit lainnya, seperti vitamin E, dapat membuat kulit lebih lembab dan tidak kering. Oleh karena itu, untuk menjaga kelembaban kulit, maka kadar vitamin C dalam tubuh Anda, yang didapatkan dari makanan, harus terpenuhi dengan baik.

Vitamin C ternyata juga diperlukan untuk mempertahankan kesehatan pembuluh darah di bawah kulit, yang membawa banyak membawa oksigen dan nutrisi. Hal ini karena pembuluh darah di bawah kulit tersusun atas kolagen, di mana vitamin C berperan dalam sintesis kolagen.

 

Mari rawat kulitmu dengan cara asyik semprot-semprot dengan Gurin Beauty Water, karena dalam  Gurin Beauty Water terdapat kandungan vitamin C dan bahan lainnya yang juga sangat kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : https://hellosehat.com/hidup-sehat/kecantikan/fungsi-vitamin-c-untuk-kulit/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.