Artikel Kesehatan

Ganti Gula Pasir dengan Daun Stevia untuk Dapatkan 7 Manfaat Ini

1. Mengontrol diabetes
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa daun stevia minim akan kandungan kalori dan karbohidrat, sehingga sangat baik dikonsumsi saat proses penurunan berat badan. Mengkonsumsi ekstrak daun stevia juga tidak akan berpengaruh pada kenaikan insulin, yang tentunya aman bila disantap oleh penderita diabetes. Penelitian lainnya mengungkapkan, seorang penderita diabetes tipe 2 yang menyisipkan daun stevia ke dalam makanannya mengalami penurunan kadar glukosa secara perlahan dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.
2. Mengontrol berat badan
Daun stevia dapat digunakan sebagai pemanis alami yang mendorong penurunan berat badan. Sama sekali tidak mengandung kalori, daun stevia diklaim ampuh untuk mengoptimalkan proses penurunan berat badan, mencegah diabetes, dan juga meningkatkan penyerapan nutrisi tubuh. Agar semakin sehat, kombinasikan daun stevia dengan makanan yang tinggi akan serat seperti buah-buahan dan sayuran segar.
3. Mencegah kanker pankreas
Daun stevia mengandung banyak sterol dan senyawa antioksidan, termasuk kaempferol yang diklaim ampuh untuk meminimalisir risiko kanker pankreas. Ya, menurut sebuah penelitian, senyawa kaempferol yang ada dalam daun stevia dapat mengurangi risiko kanker pankreas hingga 23 persen. Tak hanya itu, senyawa antioksidan tersebut juga berperan untuk menangkal virus dan bakteri pemicu penyakit.
4. Menurunkan tekanan darah
Kandungan glikosida dalam ekstrak daun stevia telah terbukti dapat melebarkan pembuluh darah dan juga mengoptimalkan fungsi saluran urin. Selain itu, sebuah studi tahun 2003 menunjukkan bahwa daun stevia berpotensi untuk membantu menurunkan tekanan darah, menormalkan tekanan darah, serta mengatur detak jantung agar senantiasa stabil. Kendati demikian, penelitian lebih lanjut harus dilakukan untuk memperkuat pendapat tersebut.
5. Merawat kesehatan kulit
Selain mengandung glikosida, daun stevia juga diperkaya dengan sejumlah protein, serat, fosfot, karbohidrat, kalsium, kalium, besi, natrium, magnesium, seng, vitamin C, vitamin A dan klorofil yang melimpah. Seluruh kandungan tersebut sangat baik untuk membantu mengencangkan kulit dan mengurangi kerutan halus pada wajah. Selain itu, kandungan anti bakteri yang ada dalam daun berukuran kecil ini juga ampuh untuk mengobati masalah kulit seperti jerawat, kusam, noda wajah, infeksi kulit, hingga ruam.
6. Mengobati masalah mulut
Tak hanya merawat kulilt, kandungan anti bakteri yang ada dalam daun stevia dapat mengurangi pembentukan bakteri di mulut. Di samping itu, mengunyah daun stevia secara rutin juga dinilai efektif untuk menguatkan struktur gigi, mencegah penumpukan plak, dan juga membunuh kuman dan bakteri penyebab kerusakan gigi dan gusi. Daun stevia juga berkhasiat memelihara kesehatan mulut agar tetap sehat dan segar sepanjang hari.
7. Meringankan peradangan
Manfaat daun stevia yang terakhir adalah meringankan peradangan. Ya, dikemas dengan kandungan antioksidan dan sifat anti inflamasi yang kuat, mengkonsumsi daun stevia dengan teratur bermanfaat untuk mencegah, sekaligus menyembuhkan peradangan yang disebabkan oleh efek buruk radikal bebas.
sumber : https://kumparan.com/@kumparanfood/ganti-gula-pasir-dengan-daun-stevia-untuk-dapatkan-7-manfaat-ini

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.