Artikel Kesehatan

Kandungan Dan 5 Manfaat Angkak

Apa itu angkak?

Angkak adalah beras putih yang telah mengalami proses fermentasi oleh jamur Monascus purpureus dan menjadi berwarna merah kecoklatan. Banyak orang yang mengonsumsi angkak sebagai makanan pokok.

Penggunaan angkak juga sering dijadikan sebagai suplemen makanan. Selain itu, angkak biasa digunakan sebagai obat tradisional di Cina. Angkak mengandung beberapa zat yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan angkak

Ada beberapa kandungan zat di dalam angkak yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh. Manfaat angkak yang terkenal sebagai obat tradisional tidak terlepas dari zat-zat penting yang terkandung di dalam angkak.

Angkak mengandung serat, karbohidrat, dan protein. Selain itu, di dalam angkak juga mengandung lovastatin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung. Lovastatin adalah zat di dalam angkak yang mirip dengan obat jantung.

Manfaat angkak bagi kesehatan

Angkak telah sejak dulu digunakan sebagai obat tradisional di Cina di samping sebagai makanan pokok dan suplemen. Ini mengartikan bahwa angkak memiliki manfaat selayaknya obat yang bisa mengatasi masalah kesehatan.

Apa sajakah manfaat angkak bagi kesehatan? Silahkan menyimak jawabannya di bawah ini!

1.  Menurunkan kadar kolesterol

Angkak atau beras ragi merah sangat baik digunakan oleh orang-orang yang memiliki masalah kadar kolesterol. Manfaat angkak bisa menurunkan kadar kolesterol jahat yaitu kolesterol LDL.

Di samping itu, manfaat angkak juga bisa mengurangi kadar trigliserida. Pengonsumsian angkak bisa menurunkan kolesterol total. Tidak hanya menurunkan, angkak juga bermanfaat untuk meningkatkan kadar kolesterol baik yaitu kolesterol HDL.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kemampuan angkak untuk menurunkan kadar lipid darah yang negatif (trigliserida dan kolesterol LDL) dan meningkatkan kadar lipid darah yang baik (kolesterol HDL) sudah cukup menjaga kesehatan jantung.

Manfaat angkak untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan jantung semakin lengkap karena kandungan lovastatin yang ada di dalam angkak. Zat lovastatin sangat baik untuk menurunkan risiko dan mengatasi masalah serangan jantung.

Selain itu, angkak juga bisa meningkatkan kelenturan pembuluh darah sehingga berdampak positif pada tekanan darah dan sistem kardiovaskular. Penggunaan angkak pun mampu mencegah pembuluh darah menjadi kaku.

3. Mengurangi peradangan dan infeksi

Beberapa penelitian menunjukkan jika manfaat angkak bisa mengurangi peradangan yang sedang terjadi di dalam tubuh. Di dalam angkak, terkandung zat yang bisa menurunkan faktor terjadinya peradangan.

Pengonsumsian angkak bisa berdampak pada menurunnya zat TNF dan IL-6 yang sangat terkait dengan penyebab terjadinya inflamasi. Ternyata tidak hanya bisa mengatasi peradangan, angkak juga bermanfaat untuk melawan infeksi akut.

4. Mengendalikan kadar gula darah

Tidak hanya berdampak pada jantung, pengonsumsian angkak baik sebagai suplemen, makanan pokok, ataupun obat tradisional ternyata bermanfaat untuk mengontrol kadar gula darah agar selalu dalam batas normal.

Anda telah mengetahui sebelumnya jika angkak bisa menurunkan kadar kolesterol LDL, meningkatkan kadar kolesterol HDL, dan mengontrol tekanan darah. Di samping itu semua, manfaat angkak juga bisa mengontrol kadar gula darah yang berdampak positif bagi perbaikan metabolisme tubuh.

Manfaat ini bisa mencegah terjadinya sindrom metabolik karena kadar lipid darah, kadar gula darah, dan tekanan darah selalu bisa terkendali dengan baik dan dalam batas normal. Hal ini bisa membuat Anda terhindar dari berbagai komplikasi penyakit.

5. Mencegah penyakit kanker

Manfaat angkak tidak hanya baik terhadap normalnya nilai tanda-tanda vital, kadar gula darah, dan kadar lipid darah. Angkak juga bisa melawan penyakit kanker. Penggunaan angkak bisa membunuh sel-sel kanker.

Angkak juga dapat membantu mengurangi pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Pengobatan penyakit kanker juga bisa dilakukan dengan menggunakan angkak. Angkak bisa mengobati penyakit kanker secara efektif.

Gurin Green Coffee mengandung angkak lho… sekarang coba Gurin Green Coffee

sumber :
https://doktersehat.com/manfaat-angkak/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.