Artikel Kesehatan

Mengenal ,Manfaat dari Sodium PCA pada kulit

Sodium PCA adalah garam natrium Asam Pyroglutamic, Asam Amino alami yang dikenal sebagai Proline, yang ditemukan dalam protein. Garam inilah yang membuat molekul larut dalam air dan humektan yang efektif. Ia memiliki sejumlah peran dalam industri perawatan pribadi, tergantung dari mana ia di-ekstrak:

  • PCA yang diekstraksi dari sayuran dan rumput, sering digunakan untuk sifat emoliennya dalam pelembab
  • PCA yang diekstraksi dari minyak kelapa, digunakan untuk sifat emulsifikasi
  • Alga dan Rumput Laut, mengandung kadar PCA tingkat sedang, yang sering digunakan untuk sifat pengikat airnya

Sodium PCA adalah bahan alami yang berasal dari tumbuhan, buah-buahan dan minyak kelapa.
Proses fermentasi gula dan pati juga digunakan untuk membuat PCA.

Menariknya, bahan ini adalah salah satu komponen utama dari pelembab alami kulit kita (NMF), ditemukan sekitar 12%. Baik Sodium PCA dan Urea, adalah bahan yang mengikat kelembaban pada sel kulit kita. Bila kulit kita memiliki keseimbangan antara minyak dan air yang baik, kulit kita ter-hidrasi dengan baik dan memiliki permukaan yang halus dan sehat.

Di dunia perawatan kulit, bahan ini dianggap sebagai humectant penting, ini karena Sodium PCA adalah bahan penyerap air yang amat efektif dan dapat menahan beberapa kali beratnya dalam air, sehinga membantu mengurangi hilangnya kelembaban, melalui penguapan. Kulit kita secara alami mengandung PCA, namun seiring bertambahnya usia, kadar PCA akan turun cukup banyak.

PCA juga adalah komponen penting untuk meningkatkan perlindungankulit, yang mencegah sel kulit kita kehilangan air dan mengering. PCA adalah bahan yang baik untuk membantu melindungi mantel asam (Acid mantle), yang dapat mengurangi peradangan pada kulit kita, yang dilakukan dengan mencegah iritasi permukaan kulit menembus jauh ke dalam epidermis.

manfaat dari sodium pca:

  1. Menjaga Kelembaban; Sodium PCA mempu mengikat air dalam jangka waktu yang cukup lama dibandingkan dengan moisturizer lain seperti Glycerine dan Propylene Glycol. Sifat inilah yang membuat kulit menjadi lebih lembab dan lembut.
  2. Anti-Aging; Kulit kita sebetulnya juga mengandung PCA, namun dengan berjalannya waktu, kadar PCA pada kulit mengalami penurunan, oleh karena itu, pemberian PCA pada kulit dapat menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan.
  3. Pelindung; Di tingkat sel, terdapat semacam ‘lem’ yang mengikat sel yang satu dengan sel yang lain. Sodium PCA merupakan bahan yang penting dalam komponen ‘lem’ tersebut. Hal ini bisa diartikan bahwa Sodium PCA memperkuat ikatan antar sel sehingga kemungkinan sel tersebut rusak menjadi lebih kecil.
  4. Mengurangi Inflamasi atau Peradangan; Karena ikatan antar sel tadi menjadi semakin kuat, maka jumlah sel yang rusak menjadi berkurang. Seperti kita ketahui bahwa jika terdapat sel yang rusak, maka akan mengaktifkan sistem imun untuk menghilangkan sel yang rusak tadi. Proses penghilangan sel yang rusak oleh sistem imun ini menyebabkan kulit menjadi radang dan tidak nyaman.

yuk rawat kulitmu dengan Gurin Beauty Water yang mengandung sodium PCA dan bahan kaya manfaat lainnya

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : http://happykevinshop.com/berita/detail/manfaat-dari-sodium-pca-pada-kulit-28793.html

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.