Artikel KesehatanKnowledge

Mengapa Kopi Luwak Liar lebih nikmat di bandingkan Kopi luwak dari tangkar ?

  1. Kopi hasil luwak berkualitas berasal dari biji kopi yang telah matang sempurna . Hal ini tidak terjadi pada kopi luwak tangkar. Kenapa ? karena para petani langsung mengumpulkan semua buah kopi dalam satu keranjang, lalu kemudian di berikan kepada hewan luwak yang berada di dalam kandang. Pada awalnya mereka memang memakan biji kopi yang benar benar matang , namun ketika malam hari mereka kelaparan, jika tidak ada makanan lain yang di sajikan , maka terpaksa memakan juga buah kopi yang belum matang. Sehingga di pagi hari seluruh buah kopi yang di berikan akan habis semua. Prinsip dasar ini telah menyalahi pengertian dari kopi luwak sebenarnya , yang selama ini kita tahu bahwa kopi luwak berasal dari biji kopi yang matang sempurna , tidak berlaku untuk kopi luwak tangkar
  2. Faktor lain yang menyebabkan kopi luwak liar lebih nikmat adalah , Hewan luwak liar yang hidup di hutan liar bebas stress , beda dengan luwak tangkar yang kebanyakan mengalami stress. Mereka stress terhadap pola makan yang rusak , stress karena kurang gizi , kandang yang kotor , sempit dll . Hal ini mempengaruhi proses fermentasi pada buah kopi yang di konsumsi , secara otomatis kualitas pun akan berkurang.
  3. Luwak liar hidup di alam bebas , mereka hidup liar di hutan , mereka bebas makan makanan apapun yang di suka. Buah kopi bagi luwak hanyalah pencuci mulut , makanan utama mereka adalah ayam , daging , nangka , pepaya dll. Luwak liar akan benar benar memilih buah kopi yang matang sempurna, mereka tidak akan memakan buah kopi yang merah saja, tapi yang matang secara keseluruhan.
  4. Dalam proses hasil produksi, kopi luwak liar memiliki jumlah yang jauh lebih sedikit.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.