Artikel Kesehatan

Mengenal Kopi Hijau, Minuman Dengan Kafein Rendah dan Anti-Oksidan Tinggi

Untuk Anda yang gemar minum kopi setiap hari, sudah pernah mendengar yang namanya kopi hijau? Sama-sama kopi sih, tapi proses pembuatan dan kandungannya beda sedikit dari kopi biasanya. Kopi hijau adalah kopi yang terbuat dari kopi murni tanpa melalui proses pemanggangan. Untuk membuatnya, biji kopi yang sudah matang akan dipisahkan dari kulitnya, untuk kemudian dijemur hingga kering. Jika sudah kering, kopi akan digiling hingga halus dan jadilah kopi hijau! Karena proses pembuatannya ini, kopi hijau jadi punya manfaat yang lebih dibanding kopi biasa. Apa saja?

Kafein yang Rendah

Untuk Anda yang tidak biasa minum kopi karena efek kafein yang terlalu kuat, coba deh kopi hijau. Biasanya, orang yang tidak bisa minum kopi karena kafeinnya atau orang yang terlalu banyak minum kopi bisa mengalami masalah kesehatan, seperti pusing, sulit tidur, dan gangguan pencernaan. Tidak begitu halnya jika Anda mengonsumsi kopi hijau. Kemungkinan tersebut tetap ada sih, tapi efeknya tak sebesar kopi biasa.

Anti-Oksidan Tinggi

Biji kopi hijau punya kandungan anti-oksidan tinggi yang baik untuk mencegah radikal bebas di dalam tubuh. Bahkan, berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan “Journal of Agricultural and Food Chemistry” pada tahun 2004, ditemukan fakta kalau salah satu kandungan anti-oksidan dalam kopi hijau, yaitu asam klorogenat bisa menekan perkembangan beberapa sel kanker tertentu.

Mengurangi Tekanan Darah Tinggi

Kalau kita punya penyakit darah tinggi, mengonsumsi kopi hijau ternyata juga bagus, lho. Selain aman dan tak punya efek samping, minum kopi hijau juga bisa membuat tekanan darah Anda stabil. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dalam “Clinical and Experimental Hypertension” pada tahun 2006 silam. Asam klorogenat dalam kopi ini terbukti bisa mengurangi tekanan darah.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Kopi hijau disebut-sebut bisa menurunkan berat badan. Teori ini pertama kali populer karena dikemukakan di acara “The Dr. Oz Show”. Semuanya juga karena asam klorogenat. Tapi, jangan salah. Meski bisa menurunkan berat badan, hasilnya tidak begitu signifikan. Jadi, jangan jadikan kopi hijau sebagai suplemen utama penurun berat badan ya. Jadikan saja sebagai pendamping makanan untuk menurunkan berat badan.

Meningkatkan Aktivitas Otak

Kafein yang ada di dalam kopi hijau ternyata juga bisa memberi efek positif terhadap aktivitas otak kita, lho. Beberapa penelitian telah membuktikan kalau meminum kopi hijau bisa meningkatkan konsentrasi dan ingatan. Minum kopi ini juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif otak.

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : https://journal.sociolla.com/lifestyle/guide-lifestyle/mengenal-kopi-hijau/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.