Artikel Kesehatan

Mengenal Kopi Luwak

 

Kopi Luwak tentu saja sudah akrab dikenal oleh banyak orang, kopi ini menjadi fenomenal Dunia sejak menjadi Kopi Termahal dan tercatat pada Guinness Wolrd Record . Fenomenal Kopi Luwak ini juga pernah dibahas berulang kali dalam Film The Bucket List (2007) dan pernah masuk dalam acara Oprah di tahun 2010.

Namun pernah anda bayangkan apa itu Kopi Luwak ? dan mengapa Kopi luwak begitu fenomenal dan mahal ?

Pada era “Cultur stelsel” atau Tanam Paksa di tahun 1830 – 1870, Belanda melarang buruh kebun memetik dan mengolah kopi yang diambil dari pohonnya. Akibat dari larangan tersebut, buruh kebun yang ingin menikmati rasa kopi, hanya bisa memunguti dan mengumpulkan biji kopi yang terbungkus kotoran luwak. Di kemudian hari penjajah Belanda mengetahui bahwa rasa kopi yang diambil dari kotoran Luwak ternyata jauh lebih lezat dibanding kopi yang dipetik langsung dari pohonnya. Sehingga penjajah kemudian memerintahkan kaum buruh untuk mengumpulkan kopi Luwak dan menjualnya dengan harga special sebagai kopi premium, berdasarkan sejarah Kopi Luwak ini pertama kali ditemukan di Sumatera.

kopi luwak memiliki rasa sempurna dengan aroma istimewa disebabkan karena proses pengolahannya yang alami, yakni dengan memanfaatkan hewan luwak yang hidup liar di areal perkebunan kopi. Dengan nalurinya, hewan ini akan memilih dan memakan biji kopi yang paling matang, sehingga kemungkinan menelan biji kopi yang masih mentah hanya sekitar 1%.

Adapun proses kopi luwak ini dimulai dengan mengumpulkan kotoran luwak di areal perkebunan Kopi , kemudian kotoran ini dicuci hingga bersih dan dijemur . Proses selanjutnya adalah mengupas kulit ari biji kopi dan disortir untuk memisahkan biji kopi yang cacat . Proses ini berlanjut dengan penjemuran kembali hingga kadar air tersisa 12-13% dan diakhiri dengan proses sangrai kopi . Pada proses sangrai inilah Kopi Luwak akan mengeluarkan aroma “Ajaib” nya yang seringkali menyihir para penikmatnya .

Kopi luwak diyakini memiliki segudang manfaat bagi tubuh yang diantaranya adalah mencegah kanker karena kandungan antioksidan, mencegah penyakit saraf, mencegah diabetes , mencegah batu empedu bahkan meningkatkan stamina tubuh.

 

Sumber : http://komoscoffee.com/mengenal-kopi-luwak-detail-6596

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.