Artikel Kesehatan

Niacinamide Untuk Kulit Putih

Apakah Anda pernah mendengar tentang senyawa niacinamide? Kandungan ini sering ditemukan dalam produk-produk skincare yang diformulasikan untuk melembabkan dan memutihkan. Baik itu krim wajah, masker pemutih wajah, sunblock pemutih wajah, serum pemutih wajah, moisturizer ataupun eye serum. Nah, sebenarnya apa sih niacinamide ini? Darimana asalnya dan apakah kegunaannya? Ataukan ada efek sampingnya? Berikut ulasan lengkapnya.

Niacinamide, Apa dan Darimana Asalnya?

Niacinamide merupakan salah satu bentuk dari vitamin B3. Biasa juga dikenal sebagai nicotinic acid atau nicotinamide. Senyawa ini secara alami ditemukan pada berbagai jenis makanan, seperti beras putih, daging ayam, daging merah, sayuran hijau, kacang-kacangan, ikan tuna, ikan salmon, alpukat, dan masih banyak lainnya. Dalam industri kecantikan, niacinamide sering dimanfaatkan sebagai bahan aktif untuk produk perawatan wajah. Fungsinya sangat banyak, yakni:

  • Meningkatkan kelembaban
  • untuk cara mencerahkan wajah
  • Menjaga keutuhan elastisitas wajah
  • Menghilangkan bintik hitam di wajah
  • Mengontrol kelebihan minyak di wajah
  • Mengatasi masalah jerawat
  • Merevitalisasi kulit sehingga tampak lebih sehat
  • Mencegah tanda-tanda penuaan dini

Cara Kerja Niacinamide

Setelah mengetahui manfaat dari niacinamide, tentunya Anda jadi bertanya-tanya bagaimana sih cara kerja senyawa ini? Kenapa khasiatnya begitu banyak? Nah, disini akan kami menjelaskan tentang reaksi niacinamide terhadap sel-sel kulit wajah.

1. Merangsag Produksi Ceramide

Jadi, saat Anda mengoleskan produk yang mengandung niacinamide pada wajah. Maka senyawa niacinamide akan merangsang produksi ceramide. Yakni suatu lapisan lipid yang berperan dalam menjaga kadar air dalam kulit dan melindungi wajah dari infeksi bakteri. Apabila lapisan ceramide terbentuk optimal maka kulit pun juga tampak lebih lembab, kenyal dan elastis. Perlu Anda tahu bahwa seiring bertambahnya usia maka lapisan ceramide cenderung menurun. Sehingga wajah pun rentan keriput. Pemakaian skincare dengan kandungan niacinamide memang penting guna mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Memperlambat Pigmentasi

Selain meningkatkan kelembaban wajah, niacinamide juga bekerja dalam menghambat produksi melanin berlebihan. Setiap orang pasti memiliki melanin di lapisan kulitnya. Ada yang kadarnya banyak dan adapula yang sedikit. Nah, melanin ini bisa saja muncul ke lapisan epidermis kulit apabila terpapar sinar UV terus-menerus  atau mungkin sebab efek hormonal. Sehingga akibatnya kulit mengalami penggelapan. Senyawa niacinamide memiliki kemampuan menghambat proses hiperpigmentasi. Caranya dengan memblokir interaksi antara sel keratinocyte (sel pada laipisan kulit epidermis) dengan sel melanocyte (sel yang mengandung melanin). Dengan demikian, proses ini bisa menjadi  tips agar wajah putih sebab pigmentasi berjalan lebih lambat.

Fakta Seputar Niacinamide yang Harus Diperhatikan

  • Niacinamide dianggap sebagai bahan perawatan kecantikan yang minim efek samping
  • Cara kerja niacinamide berbeda dari kebanyakan bahan pemutih lainnya. Niacinamide tidak menghambat produksi enzim tirosinase. Melainkan hanya memblokir jalan sel-sel melanosit ke permukaan epidermis.
  • Kandungan maksimal niacinamide dalam produk perawatan wajah tidak boleh melebihi 10%
  • Niacinamide tidak disarankan digunakan berbarengan dengan vitamin C. Sebab vitamin C dapat mengacaukan kerja dari niacinamide. Sehingga Anda tidak akan mendapatkan manfaatnya
  • Niacinamide tidak selalu menjadi bahan utama. Beberapa kosmetik ada yang menjadikannya hanya sebagai bahan tambahan. Anda bisa memperhatikan ingredientnya. Umumnya bila kadar niacinamide tersebut tinggi, maka senyawa ini ditulis di urutan pertama
  • Niacinamide mampu mengontrol produksi sebum dan mengatasi jerawat pada wajah
  • Niacinamide lebih sering dimanfaatkan untuk produk serum dibandingkan moiturizer

Kegunaan Niacinamide Untuk Kulit Wajah

1. Meningkatkan Kelembaban Wajah

Apabila Anda memiliki masalah kulit kering, maka disarankan menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Sebagaimana yang telah dijelaskan diatas, niacinamide mampu meningkatkan produksi ceramide (lapisan lipid) pada kulit epidermis. Sehingga lapisan kulit jadi lebih terlindungi, terhidrasi dengan baik dan terjaga kelembabannya. Oiya, meskipun Anda punya tip kulit berminyak tetap tidak masalah kok bila menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Sebab senyawa ini mampu mngontrol produksi sebum. Jadi wajah Anda juga bakal lembab tapi enggak terlalu berminyak.

2. Melindungi Wajah Dari Infeksi

Kulit wajah yang kurang diperhatikan kebersihannya biasanya rentan terserang infeksi mikroorganisme, baik itu bakteri ataupun jamur. Kondisi ini menimbulkan berbagai masalah kulit. Misalnya saja jerawat, panu, eksim dan sebagainya. Nah, pemakaian niacinamide bisa memberikan perlindungan ganda pada kulit dengan cara meningkatkan produksi ceramide. Perlu Anda tahu bahwa ceramide ini berperan dalam melindungi wajah dari mikroba. Sehingga apabila lapisan ceramide terbentuk optimal maka kulit juga semakin terjadi dari infeksi.

3. Mencerahkan Wajah

Fungsi dari niacinamide berikutnya sudah pasti membantu mencerahkan wajah. Senyawa ini bekerja dalam menghambat pigmentasi kulit. Selain itu juga bertindak sebagai antioksidan yang melindungi wajah dari efek berbahaya radikal bebas. Dengan pemakaian secara rutin, perlahan kulit akan menjadi cerah dan bersih. Umumnya efek penggunaan niacinamide terlihat kira-kira 4 minggu setelah pemakaian.

4. Mengatasi flek hitam

Kegunaan niacinamide selanjutnya adalah mengatasi flek hitam. Niacinamide mampu menghambat produksi melanin berlebihan. Sehingga masalah noda hitam dan wajah kusam pun bisa teratasi. Niacinamide juga mengatasi masalah warna kulit yang tidak merata. Apabila Anda adalah tipe orang yang selalu beraktivitas di luar ruangan maka sebaiknya gunakan produk yang mengandung niacinamide.

5. Mengontrol Minyak Berlebihan

Kulit wajah memproduksi sebum adalah sesuatu yang wajar. Ini berguna untuk menjaga kelembaban wajah agar tetap normal. Namun apabila kelenjar minyak menghasilkan sebum berlebihan maka kondisi tersebut bisa memicu berbagai masalah. Misalnya saja jerawat dan wajah kusam. Niacinamide dapat mengontrol kelebihan sebum pada wajah dengan cara mengoptimalkan produksi ceramide. Dengan demikian kulit akan tetap sehat, tidak kering dan juga tidak terlalu berminyak.

6. Membantu Mengatasi Jerawat dan Bekasnya

Jerawat sangat rentan dialami oleh para wanita, khususnya remaja yang baru mengalami pubersitas. Pada saat tersebut, kondisi hormonal tubuh tidak seimbang. Sehingga akibatnya wajah jadi gampang jerawatan. Selain itu, jerawat juga bisa disebabkan oleh efek paparan polusi dan pemakaian kosmetik yang tidak cocok dengan kulit. Nah, untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa mencoa menggunakan produk yang mengandung niacinamide. Senyawa ini mampu menghilangkan jerawat berserta bekasnya.

7. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini

Sebab fungsi utamanya adalah melembabkan wajah. Maka bisa dikatakan niacinamide ini juga berguna untuk mengatasi tanda-tanda penuaan dini serta sebagai sebagai tips awet muda dan cantik. Niacinamide meningkatkan produksi ceramide, menjaga kadar air pada wajah. Sehingga kulit menjadi lembab, kenyal dan tidak mudah berkeriput.

Ayo coba Gurin Beauty Water, karena produk Gurin Beauty Water mengandung Niacinamide dan simpel untuk memakainya.

 

 

 

 

 

 

 

sumber : https://caramemutihkanwajah.co.id/niacinamide-untuk-kulit

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.