Artikel Kesehatan

Peran Habbatussauda Dalam Produksi ASI

Habbatussauda atau yang lebih akrab dengan sebutan jinten hitam ini memiliki khasiat yang begitu banyak. Khasiatnya tersebut sudah diketahui sejak jaman dulu, bahkan sejak zaman rosululloh.

Habbatussauda sejak dahulu digunakan sering pengobatan tradisional. Di negara timur tengah, habbatussauda biasanya digunakan untuk mengatasi masalah kolesterol.

Sebagian masyarakat timur tengah, mengolah habbatussauda ke dalam makanan, karena mereka percaya mengkonsumsi habbatussauda dengan rutin setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol pada darah.

Tidak hanya itu saja habbatussauda juga sangat bermanfaat untuk mengatasi penyakit lainya seperti sakit gigi, nyeri sendi dan influenza.

Bahkan habbatussauda juga bermanfaat untuk ibu yang menyusui. Kandungan yang ada dalam habbatussauda antara lain adalah karotin, melantin, nigelon, timokinon, minyak atsiri, saponin, zat pahit, nigelon dan minyak lemak.

Pada umumnya habbatussauda memang bermanfaat untuk semua orang, baik untuk wanita ataupun pria. Namun habbatussauda ini juga memiliki manfaat khusus untu para wanita terutama untuk ibu menyusui.

Manfaat Habbatussauda Untuk Asi

Berikut ini adalah beberapa Manfaat Habbatussauda Untuk Asi:

Yang pertama habbatussauda bisa menambah jumlah sel T yang berfungsi untuk membunuh sel dengan cara alami. Hal ini sangatah bermanfaat untuk wanita yang menyusui dan wanita yang sedang mengandung.

Selain itu kandungan yang ada dalam habbatussauda Juga dipercaya bisa melancarkan asi untuk wanita yang baru saja melahirkan. Habbatussauda juga bermanfaat untuk memberikan nutrisi untuk ibu hamil dan ibu menyususi.

Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga daya tahan tubuh dan mempertahankan kesehatan otak. Untuk ibu hamil habbatussauda juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan yang janin yang ada dalam kandungan ibu. Habbatussauda juga bisa mengatasi gangguan tidur dan stress yang dialami oleh wanita.

Habbatussauda mempunyai kandungan saponin yang mempengaruhi metabolsime protein , karbohidrat kandugan lemak, dan fungsi untuk otot tubuh, jantung, ginjal dan juga syaraf.

Kandungan zat saponin tersebutlah yang bermanfaat untuk mengatasi masalah sulit tidur atau masalah stress, yang merupakan masalah umum yang terjadi pada ibu hamil dan ibu menyususi.

Habbatussauda juga bermanfaat untuk menetralkan racun yang terdapat dalam tubuh. Jadi kandungan zat saponin selain bisa mengatasi masalah sulit tidur dan stress juga bisa menetralkan racun yang terdapat dalam tubuh wanita.

Racun yang terdapat dalam tubuh bisa mengganggu sistem metabolism tubuh. Selain itu racun yang terdapat dalam tubuh juga bisa mengganggu fungsi organ tubuh yang penting seperti otak, hati dan paru-paru.

Biasanya hal ini terjadi jika seseorang yang mengalami keracunan. Bila wanita mengalami keracunan maka ia akan mengalami diare, pusing, konsentrasi menurun, gangguan pernapasam, dan gangguan yang lainnya. Tapi Manfaat Habbatussauda Untuk Asi yang paling utama adalah untuk melancarakan aliran asi.

Biasanya ibu menyusui kerap mengalami penurunan staminanya. Kenapa hal ini terjadi karena ibu yang sedang menyusui bayinya biasanya tenaganya sedikit berkurang.

Mereka juga kerap terbangun tengah malam untuk menyusui anaknya, menemanin anak ketika anak tiba-tiba menangis dan menggantikan popoknya. Belum lagi pada siang hari, ibu harus mengerjakan semua pekerjaan rumah sendiri. Padahal ibu masih mengalami proses pemulihan kondisi setelah melahirkan.

Untuk ibu yang masih belum terbiasa tentunya akan mengalami penurunan daya tubuh secara drastis. Untuk itulah ibu yang menyusui disarankan untuk mengkonsumsi habbatussauda.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

sumber : manfaathabbatussauda.net/manfaat-habbatussauda-untuk-asi/

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.