Tips agar tubuh tetap fit saat puasa

1. Jangan lewatkan sahur

Cara paling sederhana untuk tetap fit saat puasa adalah jangan pernah lewatkan sahur. Sama seperti sarapan pagi, sahur adalah bagian terpenting untuk menambah asupan energi selama seharian sampai tiba waktu berbuka. Makanlah yang benar saat sahur dengan memperhatikan asupan nutrisi seimbang dari karbohidrat kompleks, serat dan protein.

Anda bisa mengonsumsi makanan seperti beras merah, gandum, dan oat yang membuat kenyang lebih lama. Asupan makanan yang mengandung serat tinggi berasal dari kurma, biji-bijian, kentang, sayuran dan hampir semua buah terutama aprikot, plum, pepaya dan pisang.

Sedangkan asupan protein bisa Anda dapatkan dari telur, keju, yoghurt atau daging rendah lemak yang membantu menambah energi Anda sepanjang hari.

2. Penuhi kebutuhan cairan

Sebagaian besar tubuh kita terdiri dari air, dan kita membutuhkan jumlah yang sama dengan air yang terbuang saat kita berpuasa. Minumlah setidaknya 8-12 gelas air putih sehari. Anda bisa memenuhi cairan tersebut saat berbuka puasa hingga saat sahur agar membantu tubuh tetap terhidrasi.

Selain itu, ada baiknya Anda menghindari kafein. Pasalnya, kafein bersifat diuretik yang membuat kita lebih sering buang air kecil, sehingga cairan dalam tubuh cepat hilang. Cobalah mengurangi minuman berkafein secara berlebihan selama bulan Ramadan untuk menghindari dehidrasi selama berpuasa.

3. Makan secukupnya

Selama Ramadan, waktu yang paling dinanti adalah waktu berbuka. Namun sayangnya banyak orang yang “kalap” ketika menyantap hidangan berbuka. Langsung memakan banyak makanan saat berbuka akan membuat perut kembung dan begah. Itu sebabnya berbuka puasalah dengan makan secukupnya.

Anda bisa makan secara bertahap, saat berbuka makanlah makanan yang ringan seperti salad buah, es buah, kurma, atau air putih. Nah selang beberapa jam kemudian, barulah makan besar.

4. Hindari makanan berminyak

Menu gorengan untuk berbuka puasa memang menggoda sekali. Namun ada baiknya Anda menghindari segala bentuk makanan yang digoreng dengan minyak dalam jumlah banyak. Pasalnya, makanan ini akan meningkatkan risiko kenaikan kolestrol dalam tubuh Anda.

5. Mengurangi makanan dan minuman yang manis

Anda juga diharuskan mengurangi minuman dan makanan manis serta produk olahan. Banyak orang yang keliru mengartikan maksud dari ‘berbuka dengan yang manis’.

Makanan atau minuman manis memang penting dikonsumsi saat berbuka untuk menormalkan gula darah. Hanya saja, Anda harus memperhatikan porsi makanan atau minuman manis yang dikonsumsi. Apalagi jika rasa manis tersebut terbuat dari gula.

Pasalnya, tanpa disadari, minuman dan makanan manis yang kita dikonsumsi secara rutin selama bulan Ramadan jutru akan menyebabkan kenaikan berat badan. Anda harus ingat, untuk memastikan tubuh fit saat Ramadan, maka energi yang dikeluarkan harus lebih banyak daripada energi yang masuk.

6. Olahraga

Puasa bukan jadi halangan untuk melakukan aktivitas fisik. Anda bisa melakukan olahraga dengan intesitas ringan sampai sedang setelah berbuka puasa, saat tubuh sudah terpenuhi asupan energinya. Lakukan olahraga selama 30 menit dengan jalan kaki, bersepeda, jogging ataupun latihan lain yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

7. Tidur yang cukup

Selain memerhatikan asupan makanan, pengaturan pola tidur juga merupakan hal yang penting. Mengantuk selama puasa bukanlah disebabkan karena tidak makan dan minum seharian, melainkan karena Anda tidak memiliki waktu tidur yang cukup.

Jika harus bangun pagi untuk menyiapkan makan sahur, maka pada malam harinya Anda tidak boleh begadang untuk keperluan yang tidak terlalu penting. Usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya. Misalnya sesudah sholat tarawih. Sebab, kurang tidur akan memengaruhi kinerja otak sehingga menghambat aktivitas Anda nantinya.

sumber : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/puasa-ramadhan/8-cara-menjaga-tubuh-agar-tetap-fit-saat-puasa/  

7 TIPS SEHAT MENJALANKAN IBADAH PUASA!

Bulan Ramadhan telah tiba. Saatnya umat Muslim di seluruh dunia untuk berpuasa. Selain meningkatkan keimanan kita, menahan lapar dan haus selama kurang lebih 12 jam ketika berpuasa juga memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan lho jika dilakukan dengan cara yang sehat. Gimana sih caranya supaya ibadah puasa bikin kita semakin sehat juga? Ini dia 7 tips sehat untuk menjalankan ibadah puasa yang bisa kamu praktikkan.

Tips Sehat Saat Puasa

1. Makan dengan porsi normal

Setelah berpuasa seharian, nggak jarang kita berbuka dengan makan yang banyak – baik makanan berat maupun makanan ringan. Padahal, makan yang berlebihan saat berbuka puasa bisa membuat perut kita terasa penuh dan bahkan malah bikin kita sakit lho. Menurut dr. Magdi Mohamed dari RS Burjeel Abu Dhabi, makan berlebihan saat buka puasa bisa bikin perut kita kram, bahkan bikin kita diare dan terkena gangguan gastroentritis lho. Ini karena perut kita dipaksa langsung bekerja keras setelah beristirahat seharian.

Jadi, supaya nggak sakit perut, gimana sebaiknya kita berbuka puasa? dr. Mohamed menyarankan untuk berbuka dengan makanan ringan dan air dulu, lalu dilanjutkan makan dengan porsi seperti biasa kita makan malam. Kita juga sebaiknya menghindari makanan pedas dan asam ya saat berbuka.

2. Batasi makanan manis

Suka makan dessert dan cemilan yang manis-manis? Pada saat puasa kita sebaiknya membatasi konsumsi makanan manis favorit kita ya. Ini karena ketika puasa, nggak jarang gula darah kita naik menjadi lebih tinggi dari biasanya. Ketika kita makan makanan manis terlalu banyak saat puasa, gula darah kita bisa naik menjadi terlalu tinggi lho dan malah berdampak buruk pada kesehatan kita.

Selain itu, terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis saat puasa juga bisa bikin tubuh kita lemas di siang hari lho. Ini karena gula hanya memberikan kita energi yang banyak dalam waktu sedikit aja dan setelah itu, kita akan merasa lemas, pusing, ngantuk, bahkan bisa mempengaruhi mood sehingga cepat marah. Nggak mau kan puasa kita batal karena marah-marah terus? Jadi, hati-hati dengan makanan manis ya saat puasa.

3. Perbanyak minum air putih

Ketika puasa saat cuaca sedang panas, tantangan terbesar kita adalah untuk menahan rasa haus. Kalau kita menahan haus dengan cara yang salah, tubuh kita bisa mengalami dehidrasi, kulit kering, bahkan jika parah bisa bikin kita mengalami gangguan ginjal lho. Nah, supaya ibadah puasa kita nggak terhalang sakit karena dehidrasi, ada rumus yang bisa kita gunakan untuk mengatur frekuensi dan jumlah air yang kita minum supaya puasa kita tetap sehat lho.

, saat puasa kita bisa menggunakan aturan 2-2-4 untuk minum: 2 gelas air saat sahur, 2 gelas air saat berbuka, dan 4 gelas air di malam hari. Selama puasa, hindari juga minuman manis atau mengandung kafein seperti teh dan kopi, terutama saat sahur. Minuman yang mengandung kafein, terutama jika diminum saat sahur justru bikin tubuh kita merasa haus seharian lho.

4. Makan buah dan sayur yang banyak

Saat sahur dan berbuka, daripada makan makanan yang digoreng atau junk food, sebaiknya makan buah-buahan dan sayur-sayuran yang banyak ya. Ini karena buah dan sayur umumnya mengandung serat yang tinggi dan bisa bikin kita merasa kenyang dengan kalori yang lebih sedikit. Selain itu, buah dan sayur juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita untuk menjaga daya tahan tubuh dan mencegah penyakit sehingga bikin kita lebih sehat selama bulan puasa.

Nah, supaya nggak sakit perut karena pencernaan kita kaget dengan buah dan sayur, terutama ketika berbuka puasa, ada beberapa jenis tips memilih buah dan sayur untuk dikonsumsi saat puasa nih.

, buah-buahan yang bersifat citrus seperti jeruk, lemon, atau jeruk limau sebaiknya kita hindari dulu selama puasa karena bikin perut kita kaget dengan tingkat keasamannya. Sebaliknya, pilih buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, apel, pir, dan anggur. Untuk sayur, sebaiknya kita mengkonsumsi sayuran organik saat berbuka ya, terutama jika diolah menjadi jus atau salad supaya nutrisinya nggak hilang.

5. Minum vitamin

Ketika menjalankan ibadah puasa, tubuh kita biasanya lebih rentan terkena penyakit karena nggak cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya. Nah, supaya sistem kekebalan tubuh kita tetap kuat dan tubuh tetap sehat selama puasa, selain makan buah dan sayur, kita juga sebaiknya minum vitamin yang sekarang mudah ditemukan dalam bentuk tablet atau gummy untuk membantu tubuh kita agar tetap fit.

Di dalam multivitamin yang biasa kita konsumsi, biasanya terdapat berbagai jenis vitamin dalam satu tablet yang masing-masing memiliki manfaatnya sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Selain itu, tablet vitamin juga biasanya mengandung tambahan mineral seperti kalsium yang menyehatkan tulang, magnesium yang membuat tubuh lebih rileks, dan antioksidan untuk mencegah berbagai penyakit. Kita pun cukup mengkonsumsi vitamin sekali sehari saja saat sahur untuk menjaga kesehatan kita selama puasa seharian.

6. Lakukan olahraga kecil

Puasa bukan menjadi alasan untuk nggak olahraga sama sekali lho, karena ada beberapa jenis olahraga ringan yang bisa bikin badan kita tetap sehat tanpa menghabiskan tenaga terlalu banyak dan bikin kita lapar. Olahraga saat puasa bahkan bisa memberikan macam-macam manfaat untuk kita seperti menjaga kekuatan dan kebugaran tubuh sehingga kita tetap semangat beraktivitas.

Supaya olahraga saat puasa nggak bikin kita kelaparan atau lemas, sebaiknya pilih waktu olahraga yang tepat ya, yakni sekitar 30-90 menit sebelum berbuka puasa sehingga setelah berolahraga kita bisa langsung mengisi perut dengan makanan dan minuman. Selain itu, jenis olahraga juga perlu kita perhatikan ya. Pastikan kita memilih olahraga yang intensitasnya ringan atau sedang aja seperti yoga, pilates, barre, renang, atau sepeda.

7. Tidur yang cukup

Untuk kita yang berpuasa, tidur penting banget untuk kelancaran ibadah kita lho. Tidur yang cukup bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita sehingga bikin kita nggak gampang sakit saat puasa, mengurangi stres, memperbaiki mood, dan membuat kita lebih mampu berkonsentrasi serta berpikir kreatif saat puasa seharian. Tidur yang cukup juga bisa menjadi sumber tenaga kita ketika waktunya berpuasa seharian lho.

Tidur malam yang cukup adalah sekitar 6-8 jam setiap malam. Nah, supaya kita bisa mendapat tidur yang cukup di tengah kesibukan kita, ada beberapa tips yang bisa kita coba seperti mengurangi penggunaan alat elektronik sebelum tidur, menyiapkan sahur segera setelah selesai berbuka untuk dipanaskan, atau menggunakan aromatherapy. 

Tips Agar Tidak Mudah Lemas Saat Puasa

Di kala menjalani ibadah puasa, tak sedikit orang yang mengeluhkan dirinya menjadi lemas dan kerap mengantuk. Kondisi ini tentunya akan menghambat aktivitas sehari-hari, terlebih bagi mereka yang memiliki setumpuk pekerjaan. Nah, agar tetap produktif dan bertenaga di kala berpuasa, ikuti beberapa tips agar tidak mudah lemas saat puasa berikut ini.

Yuk, terapkan beberapa tips ini agar tubuhmu tetap bertenaga!

Bila ingin tetap segar dan produktif selama menjalani ibadah puasa, maka mulailah dengan menyantap menu sahur yang sehat dan bergizi tinggi. Pastikan untuk minum air putih 8 gelas/harinya. Kemudian tidurlah secepatnya di malam hari, hindari begadang jika memang tak dibutuhkan. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan bila memang diperlukan, konsumsilah multivitamin sebagai penambah daya tahan tubuh.Iklan dari HonestDocs

Berikut uraian lengkapnya:

1. Jangan Melewatkan Sahur

Jangan pernah melewatkan sahur bila tak ingin merugi. Di samping dapat memberi tubuh bahan bakar untuk beraktivitas saat berpuasa, menyantap menu sahur juga dapat membuat pikiran lebih fokus, menyehatkan sistem pencernaan dan mencegah hipoglikemia khususnya pada penderita diabetes.

Namun untuk memetik manfaat optimal dari sahur, maka penting untuk memerhatikan menu sahur yang hendak di santap. Makanlah secukupnya dengan memperbanyak asupan protein dan karbohidrat kompleks. Hindari makanan instan seperti mie dan makanan beku, meskipun praktis namun tidak mampu memberikan nutrisi yang cukup bagi tubuh.

2. Cukup Minum Air Putih

Di balik kesederhanaan tampilannya, air putih nyatanya memiliki beragam manfaat bagi tubuh sehingga kehadirannya sebagai salah satu tips agar tidak mudah lemas saat puasa tak bisa diabaikan.

Air putih mampu memberikan energi pada otot, mempertahankan suhu tubuh normal, mencegah gangguan pada fungsi pencernaan dan meningkatkan kinerja otak guna memastikan tubuh agar tetap produktif meski sedang berpuasa.

Selama berpuasa, terapkanlah pola minum air putih yakni, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas saat makan berat, 2 gelas sebelum tidur dan 2 gelas di waktu sahur. Dengan begitu, anjuran minum air putih rata-rata 8 gelas/hari tetap dapat terpenuhi.Iklan dari HonestDocs

3. Tinggalkan Begadang, Tidurlah Secukupnya

Jangan berharap tubuh tetap fit dan bugar ketika berpuasa jika waktu malam justru dimanfaatkan untuk melakukan hal yang tak berguna. Kurangnya waktu tidur dapat membuat otak melemah dan kehilangan sedikit kemampuannya dalam berkonsentrasi, berkomunikasi dan mengingat. Mood menjadi buruk, tubuh pun akan nampak lemas tak bertenaga.

Oleh karena itu, tidurlah lebih cepat di malam hari. Hindari begadang jika memang tak begitu dibutuhkan. Manfaatkan pula waktu siang untuk tidur sekitar 20 menit. Dengan begitu tubuh akan selalu fit dan produktivitas di tempat kerja pun akan selalu terjaga.

4. Lakukan Olahraga Ringan

Jangan biarkan puasa menjadi alasan untuk sekedar bermalas-malasan dan melupakan olahraga. Pasalnya, olahraga di kala berpuasa justru mampu menghadirkan manfaat tersendiri.

Selain memaksimalkan proses pembakaran lemak, kombinasi olahraga dan puasa juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin, merangsang aktivitas hormon, meningkatkan fungsi kognitif, menambah stamina, dan banyak lagi.

Di kala berpuasa, pilihlah jenis olahraga ringan seperti bersepeda atau jalan santai di sekitar lingkungan. Waktu idealnya sendiri dapat dipilih sesuai selera. Selepas shubuh, menjelang berbuka atau 1-2 jam setelah berbuka, pilih saja yang lebih disukai.

5. Konsumsi Multivitamin

Mengonsumsi multivitamin di saat berpuasa sebenarnya hanya berperan sebagai alternatif tambahan. Jika asupan gizi dari makanan maupun minuman sudah terpenuhi, maka konsumsi multivitamin tak diperlukan lagi.

Kecuali sebagai penambah daya tahan tubuh agar tidak mudah drop dan tertular virus seperti flu atau orang tersebut memang membutuhkan asupan vitamin khusus, seperti pada penderita anemia atau diabetes tipe 2.

Itulah beberapa tips agar tidak mudah lemas saat puasa. Terapkanlah sedari sekarang agar puasa yang dijalani dapat berjalan lancar tanpa perlu berkutat dengan rasa kantuk, malas dan lain sebagainya.

sumber :
https://www.honestdocs.id/tips-agar-tidak-mudah-lemas-saat-puasa

Tips Tetap Semangat Bekerja Saat Puasa

Berikut adalah Tips-Tipsnya

1. Manfaatkan Jam Istirahat

Ketika Ramadan, jam istirahat biasa diberikan ketika Ramadan untuk sholat. Anda bisa memanfaatkan jam istirahat itu untuk meregangkan otot dan otak. Jika memungkinkan Anda bisa tidur singkat untuk memulihkan energi.

2. Penuhi Cairan Tubuh

Sebagian tubuh manusia terdiri dari air. Ketika sahur, pastikan diri Anda untuk meminum banyak air. Air akan membuat Anda terhindar dari dehidrasi dan kelelahan akibat banyaknya pekerjaan.

3. Hindari Pembicaraan Yang Tidak Penting

Ketika berpuasa, hindari pembicaraan yang tidak penting dengan orang-orang sekitar Anda. Menghindari pembicaraan yang panjang dapat menyimpan energi yang tersisa di dalam tubuh. Termasuk juga hindarilah gosip. Jika Anda ingin berbicara banyak dengan teman kerja, lebih baik menggunakan fasilitas chatting jika memungkinkan.

4. Jangan lembur

Jika Anda bekerja pagi hingga sore, usahakan jangan sampai pekerjaan itu membuat Anda lembur di kantor. Ketika puasa, Anda harus bangun malam untuk sahur. Kerja lembur dapat membuat tubuh Anda memerlukan lebih banyak energi.

5. Jangan Tidur Di Tempat Kerja

Pastikan Anda tidur cukup di rumah agar tidak merasa mengantuk saat di tempat kerja. Jika sempat, Anda bisa tidur setelah sholat subuh.

6. Berbuka Puasa Bersama

Berbuka bersama dengan teman-teman kerja dapat meningkatkan semangat Anda untuk bekerja. Semakin Anda cepat menyelesaikan pekerjaan, semakin cepat pula Anda bisa menyiapkan buka puasa bersama.

 

7 langkah Sehat dan efektif diet saat bulan Puasa

Berikut ini tips-tipsnya yang telah kami rangkum :

1. Hindri Makanan Berlemak

Makanan berlemak sudah lama diketahui dapat meningkatkan berat badan, kolesterol dan risiko penyakit kronis lainnya. Pastikan sahur dengan menu yang sehat dan bergizi seimbang. Hindari makanan yang terlalu pedas, makanan berminyak, atau gorengan yang mengandung tinggi lemak. Perbanyak makan sayuran dan buah-buahan

2. Jangan Lewatkan Makan Sahur

Ingin menurunkan berat badan bukan berarti harus melewatkan makan sahur, karena agar menjaga stamina selama 12 jam berpuasa dan tubuh tetap berenergi. Melewatkan makan sahur justru bisa memperlambat metabolisme dan menurunkan pembakaran lemak tubuh.

3. Penuhi Asupan Cairan Tubuh

Pastikan saat puasa tubuh tidak kekurangan cairan. Konsumsilah banyak air putih dan jus buah.Jika tubuh terhidrasi dengan baik, metabolisme tubuh juga lebih baik sehingga membantu dengan penurunan berat badan.

4. Konsumsi Makanan Tinggi Serat & Protein

Konsumsilah makanan yang tinggi serat dan protein, terutama saat berbuka puasa. Protein, lemak sehat, dan serat dapat membantu proses metabolisme tubuh sepanjang malam untuk membakar kalori. Saat sahur pun sebaiknya konsumsi makanan tinggi serat dan protein yang membuat rasa kenyang tahan lama.

5. Lakukan Aktivitas Fisik

Puasa bukan waktunya untuk bermalas-malasan meski tubuh kadang terasa lemas. Lakukan aktivitas fisik mulai dari yang ringan hingga sedang, seperti berjalan kaki, sit up, dan squat. Kombinasi asupan makan sehat dan aktivitas fisik bisa mempercepat proses penurunan berat badan.

6. Kurangi Makanan Manis

Melihat makanan manis atau tinggi gula memang menggiurkan. Namun ingat, jika ingin menurunkan berat badan, hindari makanan tinggi gula.Jika Anda ingin lebih sehat, lebih baik konsumsi buah-buahan atau jus yang memberikan rasa manis alami.

7. Jangan Makan Berlebihan

Hidangan berbuka puasa hingga Lebaran tiba biasanya penuh dengan makanan lezat. Kendalikan nafsu makan Anda. Jangan makan berlebihan dan ingat kembali niat untuk menurunkan berat badan yang menyehatkan.