Tips

Jangan Sampai Melakukan 7 Kesalahan Ini Dibisnis Networking

Menghindari kesalahan-kesalahan yang tidak perlu dapat membawa Anda kepada kesuksesan dengan lebih cepat.

Orang bijak mengatakan, ‘Jika Anda tidak tahu sedang menuju ke mana, Anda akan butuh waktu lebih lama untuk mencapai tempat tersebut’. Hal demikian juga terjadi di bisnis DS/MLM

1. Menggunakan penjelasan yang tidak masuk akal
Kadang, terdapat pemasar jaringan yang terlalu ‘bersemangat’ dalam presentasi bisnis mereka. Kalimat seperti “Rekrut enam orang dan bantu mereka mendapatkan enam orang lagi dan Anda bisa bebas secara finansial!”. Namun, apakah semua sesederhana itu? Mungkin saja tidak. Terdapat aspek lain yang perlu dijelaskan secara terperinci dan masuk akal. Dalam bisnis apapun, termasuk network marketing, diperlukan kerja keras dan usaha konsisten untuk meraih keberhasilan.

2. Tidak menyukai produk yang dijual
Terdapat banyak kesamaan diantara para pemasar jaringan yang sukses, mereka mencintai produk atau jasa yang mereka tawarkan dan menggunakannya secara teratur. Mereka akan membeli produk tersebut bahkan jika mereka tidak dibayar untuk menjualnya. Inilah sebabnya, banyak pemasar jaringan yang sukses memulainya sebagai pelanggan.

3. Salah mentarget sesorang
Kesalahan ini, sayangnya juga sering dilakukan oleh perusahaan network marketing sendiri dengan mengulangi jargon atau metode yang tidak tepat. Hampir semua perusahaan MLM meminta member baru untuk membuat daftar 100 orang yang mereka kenal, untuk kemudian memprospeknya. Kelemahannya, menggunakan pendekatan ini justru membuat seorang pemasar baru terlalu banyak membuang waktu dan menciptakan banyak kekecewaan akibat berbagai penolakan yang terjadi di awal.

4. Tidak menindaklanjuti
Melakukan tindaklanjut (follow up) bukan berarti Anda terus menghubungi teman dan keluarga yang pernah mengatakan bahwa mereka tidak tertarik. Follow up harus dilakukan pada orang-orang yang telah menunjukkan minat pada produk/jasa atau bisnis yang Anda tawarkan. Banyak pemasar kehilangan kesempatan untuk mengembangkan bisnis karena tidak menindaklanjuti prospek potensial. Hal ini karena sebagian prospek tidak akan langsung mendaftar pada pertemuan pertama karena berbagai sebab. Intinya, pastikan melakukan follow up pada setiap prospek potensial.

5. Tidak mengikuti sistem yang telah ada
Meskipun tidak semua sistem yang dimiliki sebuah perusahaan network marketing efektif untuk dilakukan, biasanya mereka telah memiliki sebuah sistem yang siap jalan.
Ikutilah sistem yang masuk akal dan telah terbukti efektif. Mengikuti sistem yang sudah tersedia akan menghemat banyak waktu dan energi Anda.

6. Pengetahuan minim tentang produk dan bisnis
Meskipun ada sponsor yang akan membimbing, mereka tidak bisa memberitahu setiap hal yang perlu Anda ketahui.
Sementara mereka akan memberikan banyak rincian penting, tanggung jawab tetap berada di pundak Anda untuk memahami secara detail tentang produk dan cara kerja bisnis yang Anda ikuti.

7. Jangan berpikir jangka pendek
Sama seperti bisnis-bisnis bernilai dan serius lainnya, MLM perlu waktu untuk tumbuh dan berkembang. Jika Anda mencari sukses jangka pendek, itu berarti Anda sedang menanam benih kegagalan. Jangan mengharap hasil cepat sekurang-kurangnya dalam enam bulan pertama Anda menggeluti bisnis ini. Mereka yang sukses di MLM umumnya telah cukup bekerja keras membangun jaringan dan punya visi jangka panjang. Ekonom Milton Friedman mengatakan, “Masa depan lebih panjang dari masa sekarang”.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.