Artikel Kesehatan

Manfaat Kopi Hijau: Menurunkan Berat Badan dan manfaat lainnya

Menurunkan berat badan

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan oleh BMC Complementary and Alternative Medicine, ekstrak biji kopi hijau dapat mengurangangi lemak tubuh dan menurunkan berat badan. Kafein dan asam klorogenat termasuk ke dalam senyawa utama yang berfungsi menurunkan berat badan.

Menurunkan darah tinggi

Tidak hanya menurunkan berat badan, tetapi kopi hijau juga diketahui mampu menurunkan darah tinggi. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi perhari menunjukkan penurunan tekanan darah. Pasien tersebut mengatakan bahwa tidak ada efek samping yang terjadi, sehingga minuman ini aman untuk mengurangi tekanan darah tinggi.

Meningkatkan mood dan kinerja kognitif

Kandungan kafein yang ada dalam kopi hijau memiliki efek positif terhadap suasana hati dan aktivitas otak kita. Bebeberapa penelitian telah mengonfirmasi bahwa kafein dapat meningkatkan reaksi waktu, kewaspadaan, memori, fokus, dan ketahanan tubuh.

Antioksidan

Kandungan zat antioksidan pada biji kopi dapat mengurangi efek radikal bebas yang dapat merusak sel dalam tubuh. Sebuah studi pada Journal of Agricultural and Food chemistry, menyatakan bahwa antioksidan asam klorogenat di biji kopi diketahui mampu mencegah perkembangan empat jenis sel kanker.

sumber : https://nationalgeographic.grid.id/read/131675874/manfaat-kopi-hijau-menurunkan-berat-badan-dan-memperbaiki-mood?page=all

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.